Sabtu, 02 Juni 2012

Tutorial aplikasi 2D

Hari ini kucoba posting sedikit tutorial...memang bukan sebuah tutorial yang "hebat", tapi siapa tau berguna ya.
Kali ini aku diminta membuat sebuah aplikasi yang super mini untuk ditempel sebagai hiasan tas anak2..sebuah "cukil" alias sendok untuk menggoreng dan sepasang sepatu balet, sebagai pelengkap aplikasi yang sudah ada yaitu Hello Kitty Chef dan Hello Kitty Ballerina.

Ini step2 pembuatannya:

1. Buat dulu sebuah pola di kertas karton atau kardus bekas yang sudah tidak terpakai...bisa disketsa sendiri ataupun menjiplak dari pola yang sudah ada. Ukurannya disesuaikan dengan besarnya Hello Kitty supaya pas, gak kebesaran atau kekecilan.
Gunting kain flanel sesuai pola-pola tersebut (warna sesuai selera)...usahakan yang rapi ya (karena ukurannya kecil diperlukan ketelitian yang lebih untuk menggunting).

2. Lengkapi detail "cukil" dengan dua garis tipis yang menandakan "lubang"...tidak mungkin membuat lubang asli di cukil tersebut karena ukurannya sudah sangat mini, salah-salah bisa robek kalo digunting. Tambahkan juga warna lain sebagai "pegangan" cukil.
Sementara itu lubangi bagian tengah sepatu baletnya...ini bagian yang tersulit, gunting pelan2 dan mengikuti shape bagian luarnya ya. Jangan buru-buru supaya tetap rapi dan tidak putus sepatunya.

3. Cukil: done!
Gunting dua garis lurus dan tipis sewarna dengan sepatu balet, tempelkan menyilang pada bagian bawah sepatu. Hati-hati dengan lemnya, jangan sampai "beloboran" kemana-mana dan mengakibatkan sepatu kotor terkena tumpahan lem.
Tips: bisa gunakan tusuk gigi untuk mengoleskan lemnya.
Kemudian tempelkan flanel warna senada (tapi lebih muda dari warna sepatu bagian atas) di bagian bawah sepatu, rapikan pinggir2nya.
Hmm..hmm...selesai deh mini aplikasinya, tinggal digunakan saja...bisa ditempel di baju ataupun tas.

Semoga bermanfaat ya...

Tidak ada komentar: